Senin, 23 Februari 2009

Klan uchiha

Klan Uchiha (うちは一族 Uchiha Ichizoku?) adalah nama sebuah klan ninja fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Diceritakan bahwa klan ini hampir punah, sebab hampir seluruh anggota klan ini tewas di tangan Uchiha Itachi, kecuali Uchiha Sasuke, Uchiha Obito, Uchiha Madara, dan Itachi sendiri.

[sunting] Jurus khas Uchiha

Jurus istimewa yang dikuasai klan Uchiha adalah jurus berunsur api, seperti Goukakyuu no Jutsu. Klan Uchiha juga diketahui memiliki kemampuan memanipulasi Jurus Mata/Doujutsu dan jurus Sharingan yang dikuasai klan Uchiha adalah salah satu dari tiga jurus mata terhebat (dua jurus lainnya adalah Byakugan dan Rinnegan). Dengan Sharingan, seseorang bisa melihat gerakan musuh lebih cepat tiga detik sebelum kejadian terjadi, serta untuk meniru jurus-jurus lawan. Meskipun jurus ini diwarisi turun-temurun oleh anggota klan Uchiha saja, Kakashi Hatake yang bukan merupakan anggota klan tersebut juga memiliki mata Sharingan yang membuatnya mampu menggunakan jurus Sharingan. Ia mendapatkannya dengan cara menerima donor mata Obito Uchiha, sahabat kecilnya. Karena ia menguasai jurus tersebut, ia dijuluki Kakashi "Sang ninja peniru."

[sunting] Pembantaian klan Uchiha

Kisah pembantaian klan Uchiha terjadi lima tahun sebelum plot cerita Naruto berjalan. Dikisahkan bahwa Itachi Uchiha dan Madara Uchiha membunuh seluruh anggota klan mereka menggunakan Mangekyo Sharingan. Karena alasan yang tidak jelas, mereka mengampuni nyawa adik Itachi, Sasuke Uchiha. Itachi tidak menghabisi sasuke, karena ada beberapa alasan yang belum diketahui kebenaranya, yaitu:

  • Mungkin karena Itachi berniat menjadikan Sasuke shinobi yang kuat. Dengan membunuh semua klan Uchiha, maka Sasuke akan bertekad membunuh Itachi, dan jika sasuke berhasil membunuh Itachi maka ia akan berhasil menguasai jurus Mangekyou Sharingan yang konon sangat hebat.
  • Mungkin karena Itachi dipengaruhi oleh Madara Uchiha dengan menggunakan jurus Sharingan.

Madara Uchiha mengatakan bahwa ia dan Itachi membantai klan Uchiha karena mendapat tugas dari para pejabat Konoha yang mengetahui bahwa klan Uchiha akan mengadakan kudeta di Konoha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar